SMK Bina Utama Kendal
Pembelajaran

Kegiatan Pembuatan Biopori Dalam Mata Pelajaran PjOK

Siswa SMK Bina Utama Kendal mulai belajar mengenal dan membuat biopori dengan didampingi oleh guru olah raga mereka, diantaranya Ibu Miasrini dan Bapak Nasikin.

Sedikitnya 30 orang siswa tersebut mengikuti kegiatan pembuatan biopori di sekitar area sekolah, Kamis (22/11) siang tadi.

Ibu Miasrini mengatakan penggunaan biopori pada area sekolah sangat diperlukan, mengingat padatnya area wilayah sekolah yang di kelilingi perumahan.

“Biopori ini kita gunakan untuk mengembalikan kesuburan tanah, karenga dengan adanya lubang resapan biopori, sedikit demi sedikit tanah bisa memulihkan diri dan hal ini sangat bisa berdampak pada peningkatan produktivitas,” ujarnya kepada para siswa.

Selain diberikan pengetahuan tentang biopori, masing-masing siswa juga mendapatkan satu rangka yang digunakan untuk membuat lubang biopori, berbahan pipa paralon.

“Masing-masing kelompok siswa kita berikan satu rangka biopori, agar supaya nanti mereka bisa mencontoh membuatnya sendiri,” lanjut guru PjOK cantik dan energik.

Dalam kegiatan pembelajaran ini, para siswa tidak hanya diajarkan teori saja, melainkan juga praktek langsung di lapangan sehingga dampak kegiatan bisa dilakukan secara langsung.

Sementara itu, dalam kegiatan siang tadi juga dipantau langsung oleh Kepala Sekolah, Ibu Susandari, dan Ketua Gerakan Adiwiyata Sekolah, Ibu Ana Marwani yang menyampaikan apresiasi kepada para siswa yang ikut dalam kegiatan pembelajaran seperti ini.

Guru PjOK, Ketua Gerakan Adiwiyata maupun Kepala Sekolah SMK Bina Utama Kendal mengharapkan ilmu dan program yang dilaksanakan ini tidak hanya selesai di materi dan kegiatan saja, namun bisa berlanjut untuk kegatan di lingkungan tempat tinggal siswa masing-masing

Leave a Reply