SMK Bina Utama Kendal
BeritaPembelajaran

WORKSHOP UBIQUITI

SMK BINA UTAMA UNDANG ONNO W. PURBO DI WORKSHOP UBIQUITI

Bertempat di Aula SMK Bina Utama Kendal selama sehari, Rabu (16/11) SMK Bina Utama Kendal menyelenggarakan Workshop Nasional Ubiquiti untukpara guru danpraktisi IT dengan narasumber Pakar IT Nasional, Onno W Purbo dan relawan IT, Dadang Setiawan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kabid Dikmen SMK, Drs. Sri Bagus Darmoyo dan disaksikan oleh Pengawas SMK, Drs. Shodiq Purwanto, M.Pd, Ketua Yayasan Bina Utama, Drs. Gunoto AW, M.Pd dan seluruh peserta workshop. Dalam sambutannya, Drs. Sri Bagus Darmoyo menyampaikan pentingnya pemahaman perkembangan IT di kalangan guru SMP/MTs dan SMA/SMK. Beliau berharap setelah memperoleh ilmu dari workshop para guru dapat mengaplikasikan dalam kehidupan nyata dan menularkan kepada siswa masing-masing demi pengembangan ilmu pengetahuan.

Kepala SMK Bina Utama Kendal, Andy Purnomo, ST mengungkapkan bahwa workshop ini sejalan dengan Program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2016/2017, yaitu peningkatan SDM guru sekaligus mempererat hubungan SMK Bina Utama dengan sekolah lain dan masyarakat yang berada di sekitar SMK Bina Utama.. “Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan berbagi ilmu pengetahuan dan penguasaan teknologi, khususnya di kalangan guru IT”, Imbuh beliau.Menurut laporan Ketua Pelaksana, Wisnu Antoro, ada 100 lebih peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, terdiri dari 39 guru SMP/MTs, 61 guru SMA/SMK, dan 9 pelajar/mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut, seluruh peserta akan memperoleh sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh Ubiquiti.

Adapun materi workshop yaitu tentang Instalasi Server VOIP dengan menggunakan Kamailio untuk komunikasi suara maupun video secara gratis tanpa pulsa serta dapat membuat nomor telepon sesuai keinginan. Dalam workshop tersebut, Onno W Purbo, selaku narasumber juga mengungkapkan bahwa komunikasi ini dapat dilakukan asalkan dalam satu jaringan server. Selain itu, peserta bersama narasumber juga berdiskusi tentang konfigurasi perangkat jaringan ubiquiti untuk membangun sebuah jaringan komputer jarak jauh dengan jangkauan maksimal 100 km. Para peserta terlihat sangat antusias selama mengikuti kegiatan ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang aktif bertanya dan mengadakan interaksi dengan narasumber ketika kegiatan berlangsung. Urip Kristianingsih, salah satu peserta dari SMK AYK Patean ketika diwawancarai mengungkapkan bahwa peserta sangat senang dan mengucapkan terima kasih kepada SMK Bina Utama yang telah memfasilitasi para guru SMP dan SMK untuk bisa memperoleh ilmu langsung dari Pak Onno yang merupakan pakar IT Indonesia. “Harapan kami, ke depannya akan ada lagi kegiatan-kegiatan semacam ini agar IT di Kendal semakin maju.” Imbuh salah satu peserta dari guru SMP/MTs ketika dimintai testimoni oleh panitia.

Leave a Reply