SMK Bina Utama Kendal Tandatangani MoU Dengan Mitsubishi Training Centre

SMK Bina Utama Kendal semakin menunjukkan dan membuktikan komitmennya sebagai sekolah kejuruan yang memiliki visi menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Salah satu bukti komitmen tersebut SMK Bina Utama telah melakukan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) dengan salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, yaitu Mitsubishi. Penandatanganan MoU tersebut berlangsung Sabtu (4/2) diwakili oleh Kepala SMK Bina Utama, Andy Purnomo, ST., S.Pd dan Manager Mitsubishi Training Centre, Rudy Kurniawan di aula SMK Bina Utama serta disaksikan oleh Ketua Yayasan Bina Utama, Drs. Gunoto AW, M.Pd.

Kepala SMK Bina Utama dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mitsubishi Training Centre atas kepercayaannya menjalin kerjasama dengan SMK Bina Utama. “Kami telah menerapkan kurikulum 2013 sebagai rambu-rambu yang mendasari kegiatan pembelajaran di sekolah. Namun, kurikulum di SMK perlu disesuaikan dengan kebutuhan industri. Hal ini senada dengan apa yang telah menjadi pesan dari  pemerintah, yaitu pendidikan kejuruan yang mengarah pada link and match antara sekolah dengan dunia industri. Bermodalkan guru-guru yang kompeten, peralatan yang memadai, dan siswa yang berkarakter, serta didukung dengan komunikasi yang erat antara sekolah dengan industri, kami yakin SMK Bina Utama akan mampu bersaing di dunia industri.”Imbuhnya.

Pihak Yayasan yang diwakili oleh Ketua Yayasan, Drs. Gunoto AW, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa pihak Yayasan menyambut baik adanya program link and match antara SMK Bina Utama dengan Mitsubishi, khususnya penyesuaian kurikulum berbasis industri, penataan sarpras, dan peningkatan kualitas SDM dalam bidang otomotif. Menurutnya, siswa SMK membutuhkan pendidikan dan  keterampilan nyata yang sesuai sehingga setelah lulus mereka mampu menjadioutcometenaga  profesional dan handal di bidang mereka.“Terlebih, dunia otomotif saat ini mengalami perubahan yang sangat pesat sehingga informasi dan komunikasi antara pihak sekolah dengan industri sangatlah diperlukan” ungkapnya.

Ceremonypenandatanganan MoU ini dirangkaikan dengan kegiatan pelatihan Mitsubishi -Step 1 dari pihak Mitsubishi kepada seluruh guru produktif di SMK Bina Utama. “Pelatihan ini merupakan langkah awal perwujudan isi kerjasama antara SMK Bina Utama dengan Mitsubishi sekaligus step awal SMK Bina Utama menjadi sekolah binaan Mitsubishi yang bertujuan untuk menambah wawasan guru akan perkembangan dunia industri saat ini ” ungkap Susandari, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas.

Sementara itu, Rudy Kurniawan selaku Manager dari Mitsubishi Training Centre mengatakan program kerjasama ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial pihaknya terhadap dunia pendidikan. “Melalui program ini kami berharap dapat menciptakan banyak tenaga kerja terlatih dan memiliki daya saing tinggi di dunia otomotif yang semakin berkembang.” Tuturnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.